SEMIOTIKA PADA KEHIDUPAN SEHARI - HARI

 

Semiotika pada objek yang ada di sekitar kita

 

Assalamuallaikum, perkenalkan nama saya Muhammad Faikar Fasya dengan NPM 202146500737. Dikesempatan kali ini saya akan menulis sedikit cerita tentang sepatu saya yang lumayan memiliki cerita yang cukup berkesan, serta dihubungkan dengan semiotika.

              Sebelum saya menceritakan kisah dari sepatu kesayangan saya ini, saya akan menjelaskan secara singkat arti semiotika. Apabila dibahas secara etimologis, kata “semiotik” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “simeon” yang memilki arti “tanda”. Kata semiotika juga merupakan penurunan kata Bahasa Inggris, yakni “semiotic”. Nama lain dari semiotika adalah semiology. Lalu, apabila dikaji secara terminologis, semiotika dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tanda. Dimana tanda tersebut dianggap sebagai suatu dasar konvensi sosial dan memiliki sesuatu (makna) tertentu. Itu sebabnya dalam pembahasan ini, saya memilih sepatu ini sebagai objek karna memiliki makna tersendiri bagi saya.



Sepatu ber-merk NIKE AIR JORDAN 4 RETRO X OFF WHITE CREAM, sepatu ini saya beli di tahun 2021 dan saya memiliki kesan tersendiri terhadap sepatu ini. Salah satunya adalah pengalam saya ketika mengikuti demo (unjuk rasa) yang terjadi pada tahun 2022 lalu, dimana saya menggunakan sepatu ini untuk mengikuti ujuk rasa itu. Di tengah banyaknya demontrasi pada saat itu dan di tengahnya terik matahari di siang itu, sepatu ini cukup berkontribusi dengan baik yang artinya sepatu ini cukup nyaman untuk digunakan saat berlarian di tengah ramainya demonstran dan yang pasti sepatu ini tidak rusak pada saat unjuk rasa berlangsung. Bukan hanya ada hal yang berkesan terhadap sepatu ini, tetapi juga sepatu ini sekarang sudah jarang di temui di store entah karna sudah tidak di produksi lagi atau sudah berganti era ke model sepatu – sepatu yang lebih baru. Hanya saja sesekali saya melihat di internet masih banyak pengolektor yang melelang sepatu ini dengan harga yang terbilang cukup tinggi dan mahal, mungkin itu salah satu faktor karna sepatu ini sudah jarang di temui dan akhirnya di lelang dengan harga yang tinggi.

              Sampai saat ini saya masih sering menggunakan sepatu ini untuk kegiatan sehari – hari seperti saat saya kuliah atau kegiatan di  luar itu. Walaupun saya sering menggunakannya tetapi saya juga tetap merawatnya dengan baik agar sepatunya tidak cepat rusak dan tetap bersih walaupun saya memakainya hampir setiap hari. 

Dengan penjelasan yang sudah ada, semiotika menurut Charles Sanders Pierce terbagi menjadi tiga unsur yang terkandung dalam teori tiga segitiga yaitu, sign (tanda) merupakan konsep yang paling utama untuk dijadikan bahan analisis, unsur ini biasanya berbentuk visual atau berupa fisik yang dapat ditangkap manusia. Selanjutnya ada object (acuan tanda) yakni sebuah konteks sosial yang pengimplementasian-nya dijadikan sebagai aspek suatu pemaknaan. Dan terakhir ada interpretant (penggunaan tanda) yaitu berupa konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan memberikan makna terhadap objek yang dirujuk sebuah tanda.

              Dengan penjelasan tiga segitiga Charles Sanders Pierce diatas saya memilih untuk menghubungkan sepatu saya dengan teori semiotika terhadap benda yang ada di sekitar atau di kehidupan sehari – hari. Pada tiga unsur semiotika yang sudah dijelaskan, kita dapat  mengisi sign (tanda) berupa nama objeknya yaitu “NIKE AIR JORDAN 4 RETRO X OFF WHITE CREAM”, dan untuk object (acuan tanda) yaitu berupa benda itu sendiri yakni sepatu. Dan yang terakhir interpretant (penggunaan tanda) yaitu berfungsi sebagai alas kaki.

Sekian cerita pendek dari sepatu kesayangan saya yang dihubungkan dengan semiotika yang ada pada benda sekitar kita atau pada kehidupan sehari – hari. Terimkasih yang sudah berkenan untuk membaca blog ini, mohon maaf apabila masih banyak kesalahan dalam penggunakaan kata.



Komentar